//
you're reading...
Uncategorized

Tips Aman Bagi Penderita Maag Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Menjalankan ibadah puasa pada saat bulan Ramadhan merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Tapi bagaimana jika Anda memiliki penyakit maag, penyakit yang cukup mengganggu karena dapat menimbulkan perut merasa nyeri apabila terlambat makan. Anda jangan langsung berkecil hati karena masih ada tips yang dapat menghindari penyakit Anda kambuh saat berpuasa. Hal yang harus diperhatikan yaitu mengatur pola makan yang sehat. Selain itu, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

skit

  1. Menghindari mengkonsumsi jenis makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung. Contohnya yaitu berbagai jenis makanan yang memiliki rasa asam dan pedas.
  2. Menghindari jenis makanan yang mengandung gas seperti kol, sawi, ubi dan pisang ambon. Selain itu, makan-makanan yang sangat pedas juga harus dihindari.
  3. Mengurangi bahan tambahan pada makanan seperti tambahan bumbu lada, cabai, cuka dan juga asam.
  4. Kalau terpaksa ingin mengkonsumsi jenis makanan diatas, sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter supaya tidak berakibat fatal.
  5. Menghindari minuman kopi atau minuman bersoda lainnya. Karena jenis minuman tersebut dapat menyebabkan perut kembung. Alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi air putih yang banyak.
  6. Menghindari merokok juga merupakan hal yang harus dihindari. Karena dengan merokok dapat memperparah kondisi maag Anda.
  7. Menghindari beberapa jenis bahan makanan yang dapat merangsang atau membuat iritasi pada dinding lambung seperti cabai, lada cuka atau merica.

 

Hal-Hal yang Dianjurkan Bagi Penderita Maag Saat Menjalankan Puasa

  • Sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa, sebaiknya berkonsultasi pada dokter dahulu. Apakah Anda dapat menjalankan puasa dengan aman atau dokter akan memberikan obat tertentu untuk Anda konsumsi.
  • Sebaiknya mengkonsumsi jenis makanan yang dapat dicerna secara lambat oleh tubuh pada saat sahur. Hal itu untuk menjaga perut agar merasa kenyang lebih lama.
  • Banyak mengkonsumsi kurma, karena kurma mengandung banyak serat, kalium, karbohidrat dan juga magnesium.
  • Selain kurma, pisang juga merupakan jenis buah yang mengandung karbohidrat, kalium dan juga magnesium yang cukup baik untuk kesehatan tubuh.
  • Saat berbuka puasa konsumsilah makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu, jangan langsung dengan porsi yang besar. Hal itu dapat menyebabkan perut kaget dan merasa tidak nyaman.
  • Untuk menghindari maag kambuh, jangan melewatkan makan sahur dengan porsi yang cukup. Akan lebih baik jika Anda menambahkan susu karena dapat mengurangi peradangan pada lambung.
  • Mengkonsumsi buah pepaya dan wortel juga baik untuk Anda yang memiliki gangguan maag. Karena enzim pada buah pepaya dan wortel dapat membantu mencerna jenis makanan yang berminyak dan juga berlemak.
  • Melakukan olahraga ringan secara teratur juga baik dilakukan. Karena dengan berolahraga mampu merangsang kerja otak dalam memproduksi hormon katekolamin yang dapat mengurangi asam lambung. Sehingga olahraga saat berpuasa dapat mencegah kambuhnya maag.
Iklan

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: